Dinas PUPRP Kabupaten Banjar

Bimtek Manajemen Proyek Konstruksi (2019)

Ketentuan dalam peraturan pemerintah Nomor  30 Tahun 2000 tentang Pembinaan Jasa Konstruksi, mengamanatkan bahwa salah satu dari tugas Pemerintah Daerah adalah melakukan pembinaan dalam pelaksanaan Jasa Konstruksi di wilayahnya masing-masing. Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Proyek Konstruksi dilaksanakan oleh Bidang Bina Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar mulai tanggal  20 – 22 Februari 2019, bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan PUPR Wilayah VII Banjarmasin, merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan tugas tersebut.

Manajemen Proyek Konstruksi, ialah suatu proses penerapan fungsi/ kegunaan manajemen seperti perencanaan, pelaksanaan dan penerapan. Dimana berjalan secara sistimatis pada setiap bagian – bagian tersebut yang terdapat pada proyek, dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif agar tercapai tujuan proyek tersebut dengan benar.  Manajemen Konstruksi membawahi mutu fisik dari konstruksi, biaya dan waktu. Dimana manajemen tenaga kerja/sumber daya manusia dan manjemen material  lebih ditekankan dan digunakan. Pada intinya “Manajemen Konstruksi” adalah adalah suatu sistem yang terdiri atas 3 fungsi pokok kegiatan yang saling terkait, yaitu : fungsi perencanaan (planning), Fungsi Pengorganisasian (Organizing), fungsi pengendalian (controlling) dan fungsi pelaksanaan (actuating).

Adapun sasaran utama manajemen konstruksi adalah mengelola fungsi manajemen dengan efektif dan efisien sehingga memperoleh hasil yang optimal sesuai kesepakatan dengan pemilik proyek. Dalam mencapai sasaran utamanya, manajemen konstruksi berorientasi pada pelaksanaan pengawasan biaya (Cost Control), pengawasan mutu (Quality Control), dan pengawasan waktu (Time Control).  Dalam melaksanakan peran dan fungsinya, manajemen konstruksi dapat dimulai dari tahap perencanaan. Namun pada kondisi tertentu, manajemen konstruksi dapat dimulai dari tahap-tahap lainnya sesuai dengan kesepakatan, tujuan dan kondisi proyek yang bersangkutan.

Kabupaten Banjar saat ini sedang gencar-gencarnya melaksanakan pembangunan infrastruktur, guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang mandiri dan sejahtera, diantaranya pembangunan jalan, pembangunan gedung sekolah, gedung pemerintahan, sarana keagamaan, sarana kesehatan sebagai sarana pendukung perekonomian masyarakat dan pendukung bagi kemandirian masyarakat. Demi mewujudkan misi Kabupaten Banjar maka diperlukan sumber daya manusia khususnya Aparatur Sipil negara yang profesional, kompeten dan handal di segala aspek pekerjaan, salah satunya dalam bidang Manajemen Proyek Konstruksi agar di peroleh hasil pembangunan yang berkualitas, bermutu, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku serta terhindar dari segala bentuk penyimpangan hukum.

Sesuai dengan sambutan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar,  H. Mokhamad Hilman, ST., MT., menyampaikan agar pembekalan dapat dilaksanakan secara maksimal agar para peserta benar-benar dapat menyerap seluruh materi yang disampaikan. Selain itu, diharapkan kepada para peserta agar dapat lebih berperan aktif, artinya mengikuti kegiatan ini dengan serius, jangan meninggalkan jadwal tanpa sesuatu yang mendesak, karena ilmu pengetahuan ini begitu besar manfaatnya.  Pengetahuan yang diperoleh pada kesempatan ini nantinya harus diterapkan dalam lingkungan kerja masing-masing.