Tak Berkategori

BIMTEK PEMBERDAYAAN PJT BU JASA KONSTRUKSI (2019)

Tujuan dari Kegiatan Bimbingan Teknik Pemberdayaan Penanggung Jawab Teknik Badan Usaha Jasa Konstruksi ini antara lain adalah memberikan informasi, pengetahuan serta pemahaman tentang suatu hal yang berkaitan dengan aturan, pedoman dan aspek-aspek teknik pengelolaan badan usaha jasa konstruksi bagi Penanggung Jawab Teknik, melalui kegiatan Bimbingan Teknik Pemberdayaan ini semua peserta dapat memahami maksud dan tujuan dari kegiatan yang ingin dicapai, sehingga para peserta pada akhirnya dapat memahami hal-hal mendasar pengelolaan badan usaha jasa konstruksi dan memperoleh kompetensi yang memadai dibidang tersebut.

Bimbingan Teknik Pemberdayaan Penanggung Jawab Teknis Badan Usaha Jasa Konstruksi yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 Maret 2019 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu bagian pembinaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah dan Lembaga.

Pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar selain aspek pemberdayaan, juga melaksanakan pengaturan dan pengawasan, yakni sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 04 Tahun 2011 tentang Pedoman Persyatan Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 08 Tahun 2011 tentang Pembagian Subklasifikasi dan Subkualifikasi Usaha Jasa Konstruksi serta Peraturan Bupati Banjar Nomor 39 Tahun 2012 dimana mempersyaratkan PJT BUJK mesti mempunyai sertifikat Pelatihan pemberdayaan Penanggung Jawab Teknik Badan Usaha Jasa Konstruksi. Tidak hanya sekedar mendapatkan sertifikat, juga yang lebih penting adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor jasa konstruksi.

Sesuai dengan sambutan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar,  H. Mokhamad Hilman, ST., MT., menyampaikan agar pelatihan ini sangat penting sebagai bekal dalam mengelola dan menjalankan badan usaha jasa konstruksi sehingga lebih baik lagi.  Melalui Pelatihan ini diharapkan dapat mendatangkan kesuksesan bagi Penanggung Jawab Teknik Badan Usaha Jasa Konstruksi. Suksesnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar (Asosiasi Perusahaan dan Asosiasi Profesi maupun Perencana, Pengawas dan Pelaksana konstruksi) maka sukses juga buat LPJK Provinsi Kalimantan Selatan. Kesuksesan tersebut adalah karena adanya kesadaran dan kebersamaan mengayunkan langkah untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan dalam bentuk memberikan pengertahuan dan pelatihan pemberdayaan, hal tersebut haruslah kita jaga semangatnya dan selalu kita usahakan agar dapat dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia pada sektor konstruksi lainnya di Kabupaten Banjar pada masa-masa yang akan datang.